MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD N 105267 SEI MENCIRIM T.P 2016/2017

GIRSANG, RAMAHITA BR, 1305030013 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD N 105267 SEI MENCIRIM T.P 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (667kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Stad pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017 sebanyak 35 siswa, laki laki 20 orang dan perempuan 15 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes dalambentuk essay Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II aktivitas guru diperoleh 73,85% (kategori baik), dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yang diperoleh 84(kategori baik), dan untuk hasil belajar diperoleh dari 35 siswa terdapat 26 (85,72%) siswa yang tuntas belajarnya serta 9(14,28%) siswa yang tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 70,07 Hipotesis tindakan sesuai dengan pernyataan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya di kelasa IV SD Negeri 105267 Sei MencirimTahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Model STAD
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 07:18
Last Modified: 16 Apr 2020 07:18
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item