MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN MODEL PELAJARAN WORD SQUARE DI KELAS IV SD PARULIAN 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SEPTINAWATI, 1405030594 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN MODEL PELAJARAN WORD SQUARE DI KELAS IV SD PARULIAN 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (596kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (742kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (335kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pelajaran word square pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Parulian 3 Medan Amplas tahun pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Parulian 3 jl.SM.Raja KM.7,5 No.44 Medan Amplas pada tanggal 10 dan 17 Juli 2017. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV SD Parulian 3 Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/2018, dan objeknya adalah penggunaan pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data individual, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil siklus I, hasil observasi aktivitas guru 59,4% dengan kategori cukup dan aktivitas siswa 62 dengan kategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa secara individual sesuai dengan KKM yang ditetapka sekolah tersebut yaitu 71, siswa yang tuntas ada 22 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 9 orang. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang tuntas 70,96%, yang tidak tuntas 29,03%, rata-rata hasil belajar siswa 78. Hasil belajar siswa pada siklus I belum maksimal, dengan demikian dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Dari hasil penelitian siklus II maka diperoleh, hasil observasi aktivitas guru 79% dengan kategori baik dan aktivitas siswa 80 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu siswa yang tuntas ada 27 orang, sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 4 orang. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang tuntas 87,09%, yang tidak tuntas 12,90%, rata-rata hasil belajar siswa 83,83. Dengan demikian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pelajaran Word Square pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Parulian 3 Medan Amplas Tahun Pelajaran 2017/2018 berkategori baik dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, IPS and Word Square Learning Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Datten, M.PdNIP.196611291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorR.I.Holmes Parhusip, S.Pd., M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 07:28
Last Modified: 16 Apr 2020 07:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item