MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 0228288 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017

SEMBIRING, SEPTRIANTA, 1305030156 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 0228288 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (786kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi peristiwa alam Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 0228288 Binjai, dengan jumlah siswa 29 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Achievement Divisions (STAD) sedangkan alat pengumpul data yaitu Lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta tes. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60 % meningkat menjadi 73,1 % pada siklus II, Aktivitas siswa diperoleh nilai 66 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 68,97 % pada siklus meningkat menjadi 89,66 % pada siklus II, dan nilai ratarata diperoleh nilai 64, 67 pada siklus I meningkat menjadi 75,62 pada siklus II. Berdasarkan analisis data apat disimpulkan Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa alam di kelas V SD Negeri 0228288 Binjai Uatara Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Model Type Teams Achievement Divisions (STAD) Science Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono S, M.PdNIP.195706191990031001UNSPECIFIED
Thesis advisorAser Paul Nainggolan, M.PdNIDN.UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 08:28
Last Modified: 16 Apr 2020 08:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item View Item