MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101891 SP. TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2016/2017

SINAGA, ROMUALDO, 1305030172 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101891 SP. TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (449kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101891 SP. Tanjung morawa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101891, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 101891 dengan jumlah siswa 24 orang dan objek penelitian penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis gaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. hasil analisis observasi aktivitas guru masih cukup, dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 17 siswa dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 65,19. Presentase klasikal sebesar 70,83%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik, sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata 72,29. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis gaya di kelas IV SD Negeri 101891 SP. Tanjung morawa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 08:38
Last Modified: 16 Apr 2020 08:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item