UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS III SD NEGERI 104200 KARANG GADING TAHUN PELAJARAN 2016/2017

BAIZAR, VICHAS, 1305030281 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS III SD NEGERI 104200 KARANG GADING TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (754kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (742kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan model kooperatif tipe NHT dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT materi sumber energi, kegunaan, dan cara menghemat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 104200 Karang Gading. Subjek dalam Subjek dalam penelitian ini adalaj siswa kelas III yang berjumlah 29 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPA materi sumber energi, kegunaan, dan cara menghemat. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar obervasi dan tes uraian. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT. Hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar 16 orang atau 55,17% dan siswa yang belum tuntas l3 orang (44,83%) dengan rata-rata 66.10. Hasil belajar siswa pada siklus II, siswa yang tuntas belajar 26 orang (89,65%) dan siswa yang tidak tuntas 3 orang (10,35%) dengan rata-rata 85,89. Peningkatan hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 19,79% Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan belajar mengajar dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT di kelas III SD Negeri 104200 Karang Gading berkategori baik, (2) nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Numbered Heads Together Cooperative
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 08:44
Last Modified: 16 Apr 2020 08:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/664

Actions (login required)

View Item View Item