SIREGAR, ELSA, 1305030588 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT TENTANG KELILING BANGUN DATAR SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 085116 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (732kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (333kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD 085116 Sibolga. Proses pembelajaran yang masih satu arah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran pada saat mengajar membuat siswa merasa pelajaran matematika sulit dan membosankan. Oleh karena itu, guru berupaya mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan menggunakan media benda konkrit menjadi media pembelajaran dikelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media benda konkrit pada materi Bangun Datar Sederhana dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media benda onkrit pada materi Bangun Datar Sederhana dikelas IV SD Negeri 085116 Sibolga. Subjek penelitian adalah kelas IV SD 085116 Sibolga sebanyak 25 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-lakidan 13 oarang perempuan. Objek penelitian ini dengan menggunakan media benda konkrit. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran dan tes. Hasil penelitian siklus I menunjukkan aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup dan hasil belajar siswa sudah tuntas secara individual tetapi belum tuntas secara klasikal. Sedangkan pada siklus II, aktivitas guru dan siswa menunjukkan pada kategori baik dan hasil siswa sudah tuntas secara individual dan klasikal. Hasil belajar siswa dngan menggunakan media benda konkrit pada pembelajaran matematika telah meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integers, Quiz Team Method, Imporovement | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2020 08:53 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Apr 2020 03:00 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/665 |
Actions (login required)
View Item |