UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KERANGKA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HUTABARAT, MELINAR, 1305030644 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KERANGKA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (767kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (782kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 084082 Sibolga dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan, dan 18 siswa laki – laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerangka manusia di kelas IV. Bentuk tes yang digunakan adalah multiplecois/pilihan berganda yang dibatasi pada ranah kognitif dan pemahaman. Dari hasil analisis data siklus I telah diperoleh hasil observasi aktivtas guru dengan persentase 60 % termasuk dalam kategori cukup, dan persentase aktivitas siswa 62,22 dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, hasil observasi aktivitas guru meningkat menjasi 80 % dan persentase aktivitas siswa juga meningkat menjadi 82,22 .Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dengan persentase 63,33 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa dengan persentase 86,67 % serta meningkatnya nilai rata – rata siswa dari 68 menjadi 83. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal setelah menggunakan model Picture and Picture pada materi kerangka manusia di kelas IV SD Negeri 084082 Sibolga Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Increasing of Learning, Used Picture and Pictures
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 08:59
Last Modified: 16 Apr 2020 08:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item