UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB KELAS III SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SITOMPUL, SRI REZEKI, 1305030656 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB KELAS III SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (706kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn pokok bahasan Harga Diri Sebagai Manusia dikelas III SD Negeri 084082 Sibolga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 084082 Sibolga yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki – laki dan 15 orang siswa perempuan. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang diteliti. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan Hasil Penelitian belajar siswa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, dapat dilihat dari hasil pelaksanaan tindakan pada Siklus I yang menunjukkan ada 17 orang siswa hasil belajarnya tergolong sangat baik dengan presentase 34,61%. Hasil pada Siklus II menunjukkan ada 23 orang siswa yang hasil belajarnya tergolong sangat baik dengan presentase sebesar 88,46%, ada 3 orang siswa yang hasil belajarnya kurang dengan presentase 11,53%. Dengan demikian Hasil Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Tanya Jawab dapat meningkat hasil belajar siswa pada pelajaran PKn dikelas III SD Negeri 084082 Sibolga.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Question And Answer Method
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.PdNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:07
Last Modified: 16 Apr 2020 09:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item