MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI BUNYI DI KELAS IV SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2016/2017

PANDIANGAN, FENTI RAHMAWANI, 1305030688 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI BUNYI DI KELAS IV SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN No. 084082 Sibolga Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini adalah di SDN No. 084082 Sibolga. Hal ini didasari kurangnya penggunaan metode demonstrasi khususnya pada mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No. 084082 Sibolga yang berjumlah 30 orang dan sebagai objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran IPA pada materi Energi Bunyi dengan penggunaan metode demonstrasi. Instrument yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan analisis penelitian ini diperoleh rata-rata nilai siswa pada siklus I 65% dan pada siklus II naik menjadi 76%.Persentase ketuntasan siswa pada siklus I 53,33% dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa naik menjadi 86,67% dengan kategori baik dan tuntas secara klasikal. Jadi, dari data yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Energi Bunyi di kelas IV SD Negeri 084082 Sibolga Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Use Method Discussion
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:21
Last Modified: 16 Apr 2020 09:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item