HUTAGALUNG, FEBRINA, 1405010123 (2017) KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (751kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi aplikasi perbandingan trigonometri pada segitiga siku–siku dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa 304 orang dan sebagai sampel yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 orang dan kelas X-4 sebagai kelas control sebanyak 38 orang diperoleh dengan cara teknik sampel acak klaster. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan ujistatistik t dengan taraf signifikan ∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh rata-rata kemampuan siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah 67,34, rata-rata kemampuan siswa menggunakan pembelajaran konvensional 63,74, dan kemampuan siswa pada materi aplikasi perbandingan trigonometri pada segitiga siku–siku dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Ability Of Student, Application of Trigonometric Comparison In Elbow Angle Triangle | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PEND.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2020 09:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 09:35 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/671 |
Actions (login required)
View Item |