KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HUTAGALUNG, FEBRINA, 1405010123 (2017) KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DALAM SEGITIGA SIKU-SIKU DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (751kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi aplikasi perbandingan trigonometri pada segitiga siku–siku dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan sebanyak 8 kelas dengan jumlah siswa 304 orang dan sebagai sampel yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 orang dan kelas X-4 sebagai kelas control sebanyak 38 orang diperoleh dengan cara teknik sampel acak klaster. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan ujistatistik t dengan taraf signifikan ∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh rata-rata kemampuan siswa menggunakan pembelajaran berbasis masalah 67,34, rata-rata kemampuan siswa menggunakan pembelajaran konvensional 63,74, dan kemampuan siswa pada materi aplikasi perbandingan trigonometri pada segitiga siku–siku dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 21 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Ability Of Student, Application of Trigonometric Comparison In Elbow Angle Triangle
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Wajib Pandia, M.SiNIP.196212311991021001UNSPECIFIED
Thesis advisorVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.PdNIDN.0121048704UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PEND.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:35
Last Modified: 16 Apr 2020 09:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item