MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104217 SIDOMULYO KECAMATAN BIRU-BIRU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SILALAHI, EKA YUNI SARI BR, 1505030459 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 104217 SIDOMULYO KECAMATAN BIRU-BIRU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (670kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads together pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 104217 Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 104217 Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini adalah didasari pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada mata pelajaran IPA. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104217 Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 27 orang dan sebagai obyek perbaikan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Instrument yang digunakan adalah tes objektif essai padan jenjang kognitif C1, C2 dan lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hasil observasi guru meningkat menjadi 19.8%, presentase hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 26,6%, presentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 27,8%, dan persentase rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 16,2 dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 104217 Sidomulyo Kecamatan Biru-Biru Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Results Learning and Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together, Natural Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorBernard Simanjuntak, M.PdNIDN.0105128602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:51
Last Modified: 16 Apr 2020 09:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item View Item