UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI SD NEGERI 060967 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ACHMAD, KHAIRINA, 1505030469 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI SD NEGERI 060967 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (624kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran, melalui Upaya Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 060967 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060967 Medan kelas IV pada semester Ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060967 Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah upaya model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa tes uraian pada pokok bahasan Masalah- Masalah Sosial Kependudukan dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada pokok bahasan Masalah - masalah Sosial Kependudukan memperoleh kategori baik yang dimana dalam kegiatan guru memperoleh 84,09% dan kegiatan yang dilakukan siswa memperoleh 80,55%. Pada siklus I ketuntasan secara klasikal sebesar 62,1% dan setelah dilakukannya perbaikan pada siklus II maka diperoleh nilai persentase menjadi 86,48% yang dimana 30 siswa kelas IV memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar sebanyak 25 siswa dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 70 dengan persentase 13,51 %. Dapat disimpulkan bahwa Upaya model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa, ketuntasan hasil belajat siswa serta pelaksanaan pembelajaran pada pokok bahasan Masalah - Masalah Sosial Kependudukan terbukti dapat meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 09:57
Last Modified: 16 Apr 2020 09:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item