UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI NO. 154503 HUTABALANG 3 BADIRI KABUPATEN TAPANULI TENGAH T.P.2015/2016

NAHAMPUN, PEPI LIDYA, 1305030605 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI NO. 154503 HUTABALANG 3 BADIRI KABUPATEN TAPANULI TENGAH T.P.2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (675kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran setelah penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri No. 154503 Hutabalang 3 Badiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 154503 Hutablang 3 Badiri yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah penggunaan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi pokok Bangun Ruang di Kelas V SDNegeri No. 154503 Hutablang 3 Badiri . Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Intrumen pengumpul data yang digunakan berupa Tes Uraian dan Lembar Observasi. Berdasarkan pada pelakksanaan perbaikan pembelajaran dari awal hingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II telah menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I ketutasan belajar siswa dari 28 siswa 16 siswa atau 55% tuntas dan 12 siswa atau 45% tidak tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang telah tuntas adalah 24 siswa atau 85% dan 4 siswa atau 15% tidak tuntas. Dengan demikian penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi terbukti dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri No. 154503 Hutablang 3 Badiri.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011988012001UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 10:03
Last Modified: 16 Apr 2020 10:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item