PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN MODEL DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105273 HELVETIA T.P 2017/2018

PINEM, VIENNY YULIARTI, 1405030022 (2018) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION DENGAN MODEL DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105273 HELVETIA T.P 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (730kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (805kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah; metode yang digunakan guru selama mengajar cenderung monoton dan membuat siswa bosan; guru masih melakukan pembelajaran secara konvensional.Prosedur penelitian :Tahap Persiapan : a. konsultasi dengan Kepala SD Negeri 105273 Helvetia untuk memohon izin melakukan penelitian; b. menyusun instrument untuk aktivitas dan pengetahuan konseptual siswa; c. menyusun rencana pembelajaran sebagai panduan penelitian dalam proses pencapaian tujuan yang diinginkan; d. menyusun instrumen soal tes untuk memperoleh data tentang pengetahuan konseptual siswa; e. menentukan kelas sampel dari populasi yang ada. Tahap Pelaksanaan : a. melaksanakan Pre Test; b. Melaksanakan pembelajaran pada kelas pertama pembelajaran IPA dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dan pada kelas kedua pembelajaran IPA dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi; c. melaksanakan Post Test. Hasil penelitian : 1. hasil Pre Test kelas eksperimen = 19,3333 dan kelas kontrol = 18,6667. Hasil Post Test menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen = 86,50 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol = 80,00 Hasil pengujian diperoleh bahwa data Post Test kelas eksperimen dan dan data Post Test kelas kontrol beristribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai Post Test kelas eksperimen homogen dengan nilai Post Test kelas kontrol. Uji perbedaan menggunakan statistik uji t menunjukkan bahwa data Post Test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada data Post Test kelas kontrol dalam taraf nyata 5%.Saran : 1. kepada guru IPA yang mengajar di kelas IV SD disarankan agar menggunakan model Explicit Instruction pada materi pelajaran Sifat Benda karena dari data hasil penelitian diperoleh hasil belajar lebih tinggi; 2. untuk peneliti lain disarankan agar mencoba membandingkan hasil belajar yang diperoleh dengan model Explicit Instruction dengan model lain untuk materi pelajaran yang sama.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Explicit Instruction Learning Model, Demonstration Model, Learning Result Of Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Holden Simbolon, S.Si., M.PdNIDN.0103118701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 02:37
Last Modified: 15 Jun 2020 03:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item