PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 060934 JALAN LUKU II KWALA BEKALA KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMBIRING, NOPRIANTA YOSEPA BR, 1405030202 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 060934 JALAN LUKU II KWALA BEKALA KECAMATAN MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (811kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan Alam dan Buatan. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 060934 Jalan Luku II Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor dengan jumlah siswa 50 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60% meningkat menjadi 72,5% pada siklus II, aktivitas siswa diperoleh nilai 68 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 61,54% pada siklus I meningkat menjadi 88,46% pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I 67,19 dan meningkat menjadi 75,58 pada siklus II . Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples, hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan Alam dan Buatan lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Konvensional di Kelas III SD Negeri 060934 Jalan Luku II Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model of Examples Non Examples, Natural and Artificial Environment, Social Science, Third Grade Students
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorTina Sheba Cornelia, M.PdNIDN.0120058705UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:01
Last Modified: 21 Apr 2020 03:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item