EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM POKOK BAHASAN MENJELASKAN TAHAP-TAHAP PERJANJIAN INTERNASIONAL DI KELAS XI SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TARIGAN , DIKI ARMANDA, 1205020007 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM POKOK BAHASAN MENJELASKAN TAHAP-TAHAP PERJANJIAN INTERNASIONAL DI KELAS XI SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, untuk mengetahui ketuntasan ketercapaian Tujuan Pembelajaran Khusus (PTK), untuk mengetahui pelekasanaan pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran. Subjek siswa, objek penelitian adalah efektivitas model pembelajaran Jigsaw. Alat pengumpul data berupa tes objektif dalam pokok bahasan Menjelaskan Tahap-tahap Perjanjian Internasional dan lembar observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : tes hasil belajar sebanyak 31 atau 90,32% siswa yang tuntas dan 3 atau 9,68% siswa yang tidak tuntas belajar. Ketercapaian TPK diperoleh 3 indikator, adapun ketercapain TPK pada indikator pertama 85,47% atau telah tuntas, indikator kedua mencapai 84, 94% atau telah tuntas dan indikatior ketiga 86,01% atau telah tuntas. Persetase TPK secara keseluruhan mencapai 85,47% atau telah tuntas. Berdasarkan hasil lembar observasi proses pembelajaran oleh observer dalam observasi kegiatan guru mencapai 80% atau kategori baik dan pada observasi kegiatan siswa 76% atau kategori baik. Respon siswa diperoleh 1siswa tergolong kategori sangat posistif, 25 siswa tergolong kategori positif, 5 siswa tergolong kategori kurang positif, dan tidak ada siswa yang tergolong kategori tidak positif. Dengan demikian respon siswa mencapai persentase 83,87% atau berkategori positif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Model
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science
300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorKrista Surbakti, S.Pd., M.SiNIDN.0110078420UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:08
Last Modified: 25 Aug 2021 03:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item