PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MEA DI KELAS IV SDN 106166 MARINDAL II T.A 2017/2018

BARUS, EKA RESTI, 1305030171 (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MEA DI KELAS IV SDN 106166 MARINDAL II T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (669kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran dengan menggunakan perbandingan pembelajaran model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran model MEA. Penelitian dilaksanakan di SDN 106166 Marindal II T.A 2017/2018 di kelas IV pada tanggal 21 November 2017, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 106166 Marindal II berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas parallel sekaligus menjadi sampel penelitian (sampel total) dalam penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS dan pembelajaran model MEA dengan alat pengumpul data yaitu test berupa Essay dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS 83.75, yang diajar dengan pembelajaran model MEA 76.27, dan kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe TPS lebih baik daripada kemapuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran MEA di Kelas IV SDN 106166 Marindal II Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Mixed Count Operation, Learning of TPS Type Cooperative Model, Learning of MEA Mode
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Yason Mendrofa, M.PdNIDN.0102075901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:20
Last Modified: 21 Apr 2020 03:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item