PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (PEMBELAJARAN LANGSUNG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB.DELI SERDANG T.A 2017/2018

SEMBIRING, SURANTA, 1405030264 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (PEMBELAJARAN LANGSUNG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB.DELI SERDANG T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (784kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (382kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi mendeskripsikan sifat-sifat benda dengan menggunakan pembelajaran model Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) dengan Pembelajaran Konvesional di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II kec.Patumbak Kab. Deli Serdang pada tanggal 20 sampai 24 November 2017 Sebagai subjeknya adalah siswa kelas Va dan Vb dengan jumlah siswa di kelas Va ada 28 orang dan kelas Vb ada 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test essay sebanyak 5 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas Va = 63.25 dan rata-rata hasil belajar Vb = 65.33. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas Va dengan menggunakan model Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 76.13 sedangkan hasil belajar pada kelas Vb dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 68.04. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji bk untuk data kelas Va dengan model Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) dan kelas Vb dengan pembelajaran Konvesional diperoleh X hitung( X2 )= 10.94 dan tabel X = 9.49 Jadi nilai X hitung lebih besar daripada tabel X. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa daripada pembelajaran Konvesional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction Model, Conventional Learning, Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Holden Simbolon, S.Si., M.PdNIDN.0103118701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:36
Last Modified: 21 Apr 2020 03:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item