PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2017/2018

SEMBIRING, POLINTAN REHULINA, 1405030148 (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (695kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa belum maksimal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dalam materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih yang berjumlah 46 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 46 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan model pembelajaran Direct Instruction. Hasil penelitian pre test yang dilakukan maka diperoleh nilai siswa di bawah rata-rata dan pada hasil penelitian post test kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT mendapat nilai rata-rata 79.34 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction mendapat nilai rata-rata 69.27. Dari kedua data post test dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Direct Instruction di kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Studying, Model Learning Cooperative Type NHT, Model Laerning Direct Instruction
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd., M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:57
Last Modified: 21 Apr 2020 03:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item