PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMBIRING, DESNI ARNATA BR, 1405030228 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (761kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dan Konvensional. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 24 orang siswa yaitu kelas VA dan VB SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan instrumen 10 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test-post test design. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual dan bantuan Ms-Excel 2007 untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model Demonstrasi (  x =76,25) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan model konvensional (  x =74,17) dalam mata pelajaran IPA materi Gaya magnet di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model Demonstrasi lebih disarankan daripada menggunakan model konvensional untuk mata pelajaran IPA materi Gaya Magnet.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Demonstration models, Conventional
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorRupina M.Br. Tarigan, S.Pd., M.PdNIDN.011118902UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:16
Last Modified: 21 Apr 2020 04:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item