PENGGUNAAN METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057765 LANGKAT TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMBIRING, YESINTA VERONICA BR, 1405030358 (2018) PENGGUNAAN METODE CTL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057765 LANGKAT TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode CTL pada pokok bahasan menulis karangan Argumentasi pada mata pelajran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 057765 Langkat Tahun Pelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 057765 Langkat yang berjumlah 26 Siswa . Dari analis data ,diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari nilai 59,9% menjadi 80,00% aktivitas siswa meningkat dari nilai 62,22% menjadi 77,77% ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65,secara klasikal meningkat 88,46% dari nilai 20,00 meningkat menjadi 85,00 dan nilai rata-rata 69,95 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode CTL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V telah tercapai dengan kategori baik, Kemampuan belajar siswa lebih meningkat dengan menggunakan metode CTL pada mata pelajaran bahasa indonesia, Kemampuan belajar siswa pada materi menulis karangan argumentasi menggunakan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran Konvensional di kelas V SD Negeri 057765 Langkat Tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Ability, CTL Method
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Yason Mendrofa, M.PdNIDN.0102075901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:22
Last Modified: 21 Apr 2020 04:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item View Item