PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018

HUTAPEA, IRA MANDAYUNI, 1405030189 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PADA PARAGRAF DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR T.P 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (859kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (745kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi menentukan ide pokok pada paragraf dapat meningkatkan kemampuan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor yang berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dengan alat pengumpul data yaitu tes dalam berupa wacana. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan pretest yaitu hanya beberapa siswa yang diatas rata-rata. Sedangkan pelaksanaan posttest menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition memperoleh nilai rata-rata 86,3 dan post tes dalam model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 78,03.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok pada paragraf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Composition Learning Model
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 04:28
Last Modified: 21 Apr 2020 04:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item