PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DIKELAS IV SDN 060894 JALAN REBAB MEDAN BARU T.A 2017/2018

HUTABARAT, SRIWIWIDIWATI, 1405030383 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN DIKELAS IV SDN 060894 JALAN REBAB MEDAN BARU T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (728kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture pada materi mendeskripsikan urutan Daur Hidup Hewan dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 060894 Jalan Rebab Medan Baru yang berjumlah 50 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 50 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dengan alat pengumpul data yaitu test dalam berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pree Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan Model pembelajaran Picture and Picture memperoleh nilai rata-rata 81,50 dan Post test dalam menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 71,46. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture pada mata pelajaran IPA materi mendeskripsikan Daur Hidup Hewan di kelas IV SDN 060894 Jalan Rebab Medan Baru T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Student Learning Outcomes About Describing The Sequence Of Animal Life Cycle, Picture and Picture Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 07:22
Last Modified: 21 Apr 2020 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/687

Actions (login required)

View Item View Item