PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 060894 MEDAN BARU TAHUN AJARAN 2017/2018

PASARIBU, ELFRIKA TIORIA, 1405030170 (2018) PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 060894 MEDAN BARU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan Alat Peraga dan pembelajaran Konvensional pada materi Bangun Datar di kelas III SD Negeri 060894 Medan Baru Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 24 orang dan kelas kontrol 21 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimendan instrumen penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal. Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 69,89 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 53,20. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Alat Peraga dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan  = 0,05 diperoleh 99 5,80,62 2 2))(95(0, 2    xx Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran dengan alat peraga pada materi bangun datar di kelas III SD Negeri 060894 Medan Baru tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, The Impact of Display Tools
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Hartono S, M.PdNIP.195706191990031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H.Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 07:27
Last Modified: 21 Apr 2020 07:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item