PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2017/2018

SARI, KARTIKA, 1405030281 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 105267 SEI MENCIRIM TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (687kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (705kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions dan pembelajaran Konvensional. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim dengan jumlah siswa 68 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Achievement Divisions sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi, tes, dan pengujian hipotesis digunakan Uji t. Hasil analisis data diperoleh hasil observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 58,08% meningkat menjadi 73,33 % pada siklus II, Aktivitas siswa diperoleh nilai 66 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 57,14% pada siklus meningkat menjadi 88,57% pada siklus II, dan nilai rata-rata diperoleh nilai 69,27 pada siklus I meningkat menjadi 78,65 pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwapelaksanaan pembelajaran berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions, kemampuan siswa menentukan KPK dan FPB dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional di Kelas V SD Negeri 105267 Sei Mencirim Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model Type Teams Achievement Divisions, the ability of the Students determine the KPK and FPB
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 07:33
Last Modified: 21 Apr 2020 07:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item