EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PINEM, SRI MINOLA AGATA, 1405020002 (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (777kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (358kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui Model Student Teams Achievement Division dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas XI SMK Pencawan Medan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pencawan Medan, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kelas XI SMK Pencawan Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes pilihan ganda, dan angket. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data siklus I dengan tes hasil belajar I, 18 siswa atau 60% dari 30 siswa yang tuntas dan 12 siswa atau 40% dari 30 siswa yang belum tuntas belajar dengan rata- rata nilai siswa 76,29. Siklus II dengan tes hasil belajar II, diperoleh sebanyak 26 siswa atau 86,7% yang tuntas belajar dan 4 siswa atau 13,3 yang tidak tuntas belajar, dengan nilai rata-rata siswa 82,23.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Model Student Teams Achievement Division
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PKn
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorKrista Surbakti, S.Pd., M.SiNIDN.0110078420UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PPKN FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Jan 2020 09:01
Last Modified: 15 Jun 2020 03:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item