MANIK, ASRI, 1405030107 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DRTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KAMPUNG KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (735kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (775kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (35MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, kemampuan membaca siswa, dan pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini yaitu Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah Lembar observasi guru dan siswa dan tes essay sebanyak 5 soal. sebelum kedua kelas diberi perlakuan berbeda, terlebih dahulu kedua kelas diberi soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sehingga dapat hasil nilai rata-rata siswa kelas V-A yaitu 50,03 dan nilai ratarata siswa kelas V-B yaitu 47,30. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka di peroleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan strategi DRTA yaitu 103,83 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 96,06. Dari hasil nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi DRTA lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kemampuan membaca dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji Independen Antara Dua Faktor sehingga diperoleh hasil data posttest kelas V-A dan kelas V-B yaitu dan karena 2 2 tabelhitung x x maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi DRTA ada pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Ability Understanding of Students, Direct Reading Thinking Activity Strategy | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2020 08:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Apr 2020 08:00 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/690 |
Actions (login required)
View Item |