PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DRTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KAMPUNG KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018

MANIK, ASRI, 1405030107 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DRTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KAMPUNG KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, kemampuan membaca siswa, dan pengaruh strategi DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini yaitu Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah Lembar observasi guru dan siswa dan tes essay sebanyak 5 soal. sebelum kedua kelas diberi perlakuan berbeda, terlebih dahulu kedua kelas diberi soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Sehingga dapat hasil nilai rata-rata siswa kelas V-A yaitu 50,03 dan nilai ratarata siswa kelas V-B yaitu 47,30. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka di peroleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan strategi DRTA yaitu 103,83 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 96,06. Dari hasil nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi DRTA lebih tinggi dibanding nilai rata-rata kemampuan membaca dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji Independen Antara Dua Faktor sehingga diperoleh hasil data posttest kelas V-A dan kelas V-B yaitu dan karena 2 2 tabelhitung x x  maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi DRTA ada pengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kampung Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Ability Understanding of Students, Direct Reading Thinking Activity Strategy
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:00
Last Modified: 21 Apr 2020 08:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item