PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2017/2018

SITEPU, NOVA JENIATI, 1405030105 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (709kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan yang digunakan yaitu pretes postes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 52 siswa dan Sampel dari penelitian ini adalah kelas IVA dan IVB dengan total jumlah siswa 52 jumlah siswa kelas IVA 26 orang dan jumlah siswa kelas IVB yaitu 26 orang. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data hasil observasi, data kemampuan membaca mata pelajaran bahasa Indonesia. Tes yang diberikan kepada siswa berupa essay dengan jumlah 5 soal dan tes kecepatan membaca. Data dianalisis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada hasil kegiatan observasi guru mencapai 78,1% dengan kategori baik dan hasil observasi siswa mencapai 76% berkategori baik. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca siswa ( ,003 202 X > ,1 142 7))(95(0,  X ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Method SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Ability to Read Comprehension
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:05
Last Modified: 21 Apr 2020 08:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item