PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI DAURHIDUP HEWAN KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2017/2018

GINTING, NOVITANTI ANATASIA, 1405030203 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI DAURHIDUP HEWAN KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (689kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaranPicture and picture dan menggunakan Media gambar. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masing-masing terdiri dari 26 orang siswa yaitu kelas IVA dan IVB tahun ajaran 2017/2018.Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan instrument tes 5 soal. Yang diujikan sebelum dan sesudah perlakuan( pretest dan posttes), penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent pretes-postes design. Analisis data dilakukan dengan program SPSS untuk mengetahui nilai ratarata simpangan baku, ujinormalitas, homogenitas dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and picture (x=79.40) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik dari pada menggunakan media gambar (x= 74.30) dalam mata pelajaran IPA pada materi daur hidup hewan kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model pembelajaran Picture and picture lebih disarankan dari pada menggunakan media gambar untuk mata pelajaran IPA dalam materi daur hidup hewan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Model Picture and Picture
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:11
Last Modified: 21 Apr 2020 08:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item