MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057765 LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

APRINA, MAYA ANIS, 1405030030 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 057765 LANGKAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (882kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode Brainstorming pada pokok bhasan menulis karangan deskripsi pada mata pelajran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 057765 Langkat Tahun Pelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 057765 Langkat yang berjumlah 27 Siswa . Dari analis data ,diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11% dari nilai 69,00% menjadi 80,00% aktivitas siswa meningkat 15,53% dari nilai 57,80% menjadi 73,33% ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65,secara klasikal dari nilai 5,00 meningkat menjadi 85,00 dan nilai rata-rata 18,53 menjadi 72,9. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Brainstorming pada materi menulis karangan deskripsi dikelas V SD Negeri 057765 Langkat lebih baik dari pada menggunakan metode pembelajaran Konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Of Learning Brainstorming Method
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, S.Pd., M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:19
Last Modified: 21 Apr 2020 08:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item