PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

SIHITE, TRI MEILANI, 1405030089 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA KELAS IV SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (941kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Sebagai subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Negeri 060934 Medan Johor dengan jumlah siswa 49 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sedangkan alat pengumpulan data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60% meningkat menjadi 72,5% pada Siklus II, aktivitas siswa diperoleh nilai 68 pada Siklus I meningkat menjadi 84 pada Siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 75% pada Siklus I meningkat menjadi 100% pada Siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada Siklus I 70,92 dan meningkat menjadi 83,00 pada Siklus II. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berkatagori baik, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada pelajaran IPA materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Konvensional di Kelas IV SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model of Snowball Throwing, Animal Classification Based On The Type of Food, Natural Sciences, Fourth Grade Students
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:26
Last Modified: 21 Apr 2020 08:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item