PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGRI 060933 JALAN PINTU AIR II KEC. MEDAN JOHOR T.A 2017/2018

SITEPU, PRETTY PERTIWI BR, 1405030335 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGRI 060933 JALAN PINTU AIR II KEC. MEDAN JOHOR T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (671kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (674kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalaah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi dan pembelajaran Konvensional. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 060933 Pintu air II Kecamatan Medan Johor dengan jumlah siswa 49 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60% meningkat menjadi 72,5% pada siklus II, aktivitas siswa diperoleh nilai 68 pada siklus I meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 58,33% pada siklus I meningkat menjadi 91,33% pada siklus II, rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesr 69,5 dan meningkat menjadi 78,5 pada siklus II . Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional di Kelas IV SD Negeri 060933 Pintu air II Kecamatan Medan Johor tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model of Learning of The Cooparative Kinds of Jigsaw
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:38
Last Modified: 21 Apr 2020 08:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item