PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018

MELIALA, HERMA YANA BR, 1405030243 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (731kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (661kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang diperoleh yaitu siswa mengalami kesulitan pada materi pesawat sederhana. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan perbaikan pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran STAD untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Kecamatan Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah non penelitian tindakan kelas (Non PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dan model pembelajaran Tipe STAD. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yang masingmasing terdiri dari 24 orang siswa yaitu kelas V A dan V B tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen dengan instrument tes 10 soal. Yang diujikan sebelum dan sesudah perlakuan ( pre test dan post test ), penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent pre test- post test design. Analisis data dilakukan dengan program SPSS untuk mengetahui nilai rata-rata simpangan baku, uji, uji normalitas, homogenitas dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT (x=81.25) secara nyata member efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran STAD (x=75.00) dalam mata pelajaran IPA pada materi pesawat sederhana kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaaan model pembelajaran NHT lebih baik dari pada model pembelajaran STAD untuk mata pelajaran IPA dalam materi pesawat sederhana.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Model NHT, Model STAD
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 May 2020 04:07
Last Modified: 14 May 2020 04:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item View Item