PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

KACARIBU, MARIA KAROLINA BR, 1405030025 (2018) PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (804kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang diperoleh yaitu siswa mengalami kesulitan pada materi cahaya dan sifat-sifatnya yang belum maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan perbaikan pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SD Dharma Wanita Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dharma Wanita yang berjumlah 48 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan model Talking Stick di Kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Medan 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi ranah kognitif C1dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus 1 dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil peningkatan observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11 % dari 60% menjadi 71%. Aktivitas siswa meningkat 18% dari 68% menjadi 86%, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 16.66% dari 75% menjadi 91.66% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 13.13% dari 67.29 menjadi 80.42. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) ketuntasan belajar siswa tuntas secara klasikal (3) hasil belajar siswa meningkat (4) hasil belajar siswa dengan menggunakan model talking stick lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 May 2020 04:13
Last Modified: 14 May 2020 04:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item