VRATIWI, OCTA, 1405030162 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR AKAR DAN FUNGSINYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 054608 SAWIT HULU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (805kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (743kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (28MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi mengidentifikasi struktur akar dan fungsinya dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 054608 Sawit Hulu yang berjumlah 49 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 49 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan alat pengumpul data yaitu test dalam bentuk Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan pada Pelaksanaan Post Test menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD memperoleh nilai rata-rata 77,50 dan pelaksanaan Post test menggunakan model pembelajaran model konvensional memperoleh nilai rata-rata 69,50 . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi struktur akar dan fungsinya lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 054608 Sawit Hulu T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Student Learning Outcomes About Identifying The Structure and Function Of The Root, STAD (Student Teams Achievement Division) Cooperative Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 May 2020 02:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2021 08:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/706 |
Actions (login required)
View Item |