PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR AKAR DAN FUNGSINYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 054608 SAWIT HULU TAHUN AJARAN 2017/2018

VRATIWI, OCTA, 1405030162 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR AKAR DAN FUNGSINYA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 054608 SAWIT HULU TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (805kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (743kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi mengidentifikasi struktur akar dan fungsinya dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 054608 Sawit Hulu yang berjumlah 49 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 49 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan alat pengumpul data yaitu test dalam bentuk Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan pada Pelaksanaan Post Test menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD memperoleh nilai rata-rata 77,50 dan pelaksanaan Post test menggunakan model pembelajaran model konvensional memperoleh nilai rata-rata 69,50 . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi struktur akar dan fungsinya lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 054608 Sawit Hulu T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Student Learning Outcomes About Identifying The Structure and Function Of The Root, STAD (Student Teams Achievement Division) Cooperative Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.1964012319922001UNSPECIFIED
Thesis advisorHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.PdNIDN.0112078003UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 26 May 2020 02:27
Last Modified: 24 Aug 2021 08:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item