PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCES DAN MODEL CONCEPT SENTENCES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

SITEPU, DEO NALTA, 1405030047 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COMPLETE SENTENCES DAN MODEL CONCEPT SENTENCES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (763kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Complete sentences dan Concept sentences. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 24 orang siswa yaitu kelas VA dan VB SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan soal latihan menulis karangan Deskripsi yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan (pre test dan post test). Penelitian ini menggunakan rancangan non equivalent pre test-post test design. Analisis data dilakukan dengan perhitungan manual dan bantuan Ms-Excel 2010 untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model Complete sentences (  x =81.3) secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa lebih baik daripada menggunakan model Concept sentences (  x =79.6) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis karangan Deskripsi di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan model Complete sentences lebih disarankan daripada menggunakan model Concept sentences untuk mata pelajaran Bahasa indonesia materi Menulis karangan Deskripsi.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Model Complete Sentences, Model Concept Sentences
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, S.Pd., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:31
Last Modified: 15 Jun 2020 03:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item