PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060923 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

MANURUNG, MELPA JULIANA, 1405030171 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060923 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Make a Macth pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. Objek dalam penetian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make a Macth . Penelitian ini melalui 2 siklus yang masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari 60% (Cukup) menjadi 79% (Baik), persentase aktivitas siswa meningkat dari 60 (Cukup) menjadi 70 (Baik). Dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62,71 menjadi 68,04. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data hasil belajar telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji berbedaan dua rata-rata (uji t) dan diperoleh 1,628 > 2,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyelesaikan Perubahaan Lingkungan Fisik dan Prosesnya pada mata pelajran IPA dengan menggunakan Model Make a Macth lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran Konvesional di kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Make a Macth , Learning Outcome
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:01
Last Modified: 15 Jun 2020 07:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item