SITANGGANG, ANISA MONICA, 1405030177 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (797kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (15MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (994kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (38MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat dengan jumlah siswa 49 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari lembar observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 54,5 % meningkat menjadi 74% pada siklus II, aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 52 dan meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 45,83% pada siklus I meningkat menjadi 95,87% pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 69,31 dan meningkat menjadi 76,61 pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada menerapkan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Learning Outcomes, STAD Type Cooperative Learning Model, Conventional Learning, Natural Resources | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2020 07:15 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/713 |
Actions (login required)
View Item |