PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

SITUMORANG, SHINTA FERONIKA, 1405030258 (2018) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 060934 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (675kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (776kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan sebaliknya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060934 Medan Johor pada tanggal 27 Maret 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah sebanyak 50 orang siswa..Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan alat pengumpul data yaitu tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas V yang mengikuti bimbingan belajar pada mata pelajaran matematika materi mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan sebaliknya adalah 78.09 . 2) Hasil belajar siswa kelas V yang tidak mengikuti bimbingan belajar pada mata pelajaran matematika materi mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan sebaliknya adalah 72.95. 3) Ada pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi mengubah pecahan biasa kebentuk persen dan sebaliknya di kelas V SD Negeri 060934 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutoring, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:21
Last Modified: 25 Aug 2021 03:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item