PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018

SIAHAAN, ANGGUN, 1405030136 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101791 PATUMBAK KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (903kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (741kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Word Square, hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Konvensional, dan pengaruh penggunaan model Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101791 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 101791 Patumbak yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal. Sebelum kedua kelas diberi soal pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata pre test siswa kelas V-A yaitu 61.36 dan nilai rata-rata siswa kelas V-B yaitu 55.99. Setelah kedua kelas telah dilaksanakan pembelajaran yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan menggunakan model Word Square yaitu 79.98 dan nilai rata-rata kelas V-B dengan menggunakan pembelajaran Konvensional yaitu 78.63. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran Konvensional. Hasil data post test, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A (Model Word Square) dan kelas V-B (Pembelajaran Konvensional) diperoleh kelas V-A dan kelas V-B yaitu nilai 2hitung x = 15.14 dan     2 1 1 1    B Kx  = 9.49 karena 2 hitungx ˃     2 1 1 1    B Kx  maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunakan model Word Square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 101791 Patumbak Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, the Model of Word Square, IPA Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, M.PdNIDN.0104048903UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:57
Last Modified: 15 Jun 2020 07:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item