PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITANGGANG, EVI LIDYA, 1405030150 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensioal pada pelajaran IPS materi Budaya di kelas V SDN 060937 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 060937 Medan. Sebagai subjeknya siswa kelas V dan sebagai objeknya penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Alat pengumpul data yang digunakan lembar observasi dan tes. Sebelum peneliti melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu dilaksanakan tes awal sehingga di dapat rata-rata tes awal kelas Va yaitu 25,9 dan nilai rata-rata kelas Vb yaitu 22,7 tujuan dilakukan tes awal ini yaitu untuk menentukan kelas eksperimen. Setelah dilakukan tes awal maka peneliti melaksanakan pembelajaran di kelas Vb dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan di kelas Va menggunakan pembelajaran konvensional yang diajarkan oleh guru mata pelajaran. Dari hasil siklus I, hasil observasi guru yaitu 60,5 % dan hasil observasi siswa yakni 54 dengan kategori cukup. Ketuntasan belajar IPS secara klasikal 66,67 %, rata-rata hasil belajar siswa 74,49 % dalam kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan, hasil observasi aktivitas guru 79,09 % dan hasil observasi siswa 80. Ketuntasan hasil belajar IPS siswa 86,67 % tuntas individu, rata-rata hasil belajar siswa 82,82 % berkategori baik. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas Va 73,05 yakni kelas kontrol dan kelas Vb 82,82 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan model picture and picture.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Picture and Picture, IPS
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Elisa, M.PdNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorRupina M.Br. Tarigan, M.PdNIDN.011118901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 08:15
Last Modified: 15 Jun 2020 08:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item