PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD DHARMA WANITA PERTIWI KEC.MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMBIRING, DEVI RIMASTA BR, 1405030342 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRATION DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD DHARMA WANITA PERTIWI KEC.MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (851kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (708kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas III SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SD Dharma Wanita Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Dharma Wanita yang berjumlah 41 siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan model Demonstration di Kelas SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Medan 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi ranah kognitif C1dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, rata-rata hasil belajar siswa dan Pengujian Hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus 1 dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil peningkatan observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 20% dari 60% menjadi 80%. Aktivitas siswa meningkat 22% dari 60 menjadi 82, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 25% dari 65% menjadi 90% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 8.85% dari 70.75 menjadi 79.60. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) hasil belajar siswa meningkat (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Demonstration lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi gerak benda di kelas III SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Holden Simbolon, S.Si., M.PdNIDN.0103118701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 08:22
Last Modified: 15 Jun 2020 08:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item