PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITOHANG, DESI TRI PUTRI, 1405030114 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (905kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (715kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran model konvensional pada materi Perkembangan Teknologi Transportasi. Penelitian dilaksanakan di SD Swsta Dhrma Wanita Pertiwi pada tanggal 13 Febuari 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi berjumlah 49 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analis ata yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa perkembangan teknologi transportasi menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 80,06 dan pembeajaran model konvensional memperoleh rata-rata 70,02. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Perkembangan Teknoloi Transportasi Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik dari pada Menggunakan Pembelajaran Model Konvensional Di Kelas IVSD Swasta Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Learning Outcomes, STAD Model Cooperative Learning, Learning of Convensional Models
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 380 Commerce, Communications, Transportation
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:16
Last Modified: 16 Jun 2020 02:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item