PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106816 MARINDAL II TAHUN AJARAN 2017/2018

NAPITUPULU, CHRIS FOLORENSIA BR, 1405030034 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 106816 MARINDAL II TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa yaitu kelas IVA dan IVB dan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Examples Non Examples di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar, ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11,5% dari 60,1% menjadi 71,6%. Aktivitas siswa meningkat 18% dari 68% menjadi 86%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 16,67% dari 73,33% menjadi 90,00%, dan nilai rata-rata meningkat 10,82% dari 68,42 menjadi 79,24. Simpulan hasil penelitian ini, yaitu: (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) ketuntasan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, (3) hasil belajar siswa meningkat, (4) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional mata pelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 106816 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Result, Learning Model Examples Non Examples
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorR.I.Holmes Parhusip, S.Pd., M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:48
Last Modified: 16 Jun 2020 02:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/726

Actions (login required)

View Item View Item