PENGGUNAAN MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMBIRING, WIDIA BR, 1405030024 (2018) PENGGUNAAN MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (876kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (550kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (813kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi globalisasi. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 12 Februari 2018 dan 27 Februari 2018 subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 24 orang sekaligus menjadi objek penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa materi globalisasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD memperoleh rata-rata 84,50 dan motode pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 77,60. Dari kedua dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD lebih baik daripada menggunakan metode konvensional di kelas IV SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Kecamatan Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Model STAD, PKN
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Yason Mendrofa, M.PdNIDN.0102075901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:55
Last Modified: 16 Jun 2020 02:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item