PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 060933 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018

FADHILAH, SANTRY, 1405030213 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 060933 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (903kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (784kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan Model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran PKN materi berorganisasi di kelas V SD Negeri 060933 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi dalam penelitian ini di SD Negeri 060933 Medan Johor. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada mata pelajaran PKN materi berorganisasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 060933 Medan Johor yang berjumlah 48 orang dan sebagai objek adalah penggunaan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw. Tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw berkategori baik, hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw meningkat, dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Jigsaw type Cooperative Model
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:20
Last Modified: 16 Jun 2020 03:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item