PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BARASA, TITI ROULINA, 1405030028 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (589kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan metode pembelajaran Quantum Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Dharma Wanita Pertiwi Medan. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa kemampuan menulis narasi siswa di sekolah tersebut masih rendah. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VB dan VA masing-masing kelas dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Model dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Analisis data dilakukan untuk mengetahui rata-rata, simpangan baku, uji normalitas data, uji homogenitas varians dan uji independent antara dua faktor. Dari analisis data nilai rata-rata siswa meningkat dari 59.62% menjadi 88.79% secara nyata memberi efek peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kemampuan menulis narasi di kelas V tercapai dengan kategori baik. Kemampuan menulis narasi siswa lebih meningkat dengan menggunakan metode Quantum Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode Quantum Learning ada pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada materi kemampuan menulis narasi dari pada menggunakan model konvensional di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Ability, Quantum Learning Method, Conventional Learning Method
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, S.Pd., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:57
Last Modified: 16 Jun 2020 03:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item